Senin, 10 Desember 2012

Tips, Cara Mengatasi dan Menghilangkan Rasa Malas

            Kemalasan adalah musuh produktivitas. Jika kita malas, tidak ada cara lain kita bisa mencapai hal-hal yang berarti. Kita mungkin menunda-nunda melakukan sesuatu, atau bahkan jika kita melakukannya, kita melakukannya dengan setengah hati. Hasil berkualitas tinggi tidak akan tercapai dengan cara-cara seperti itu.
Jadi kita perlu untuk mengatasi kemalasan. Berikut adalah tips yang saya anggap berguna untuk mengatasi kemalasan:



Dari sejerah juga telah membuktikan, bahwa bangsa yang memiliki etos kerja tinggi dan tidak bermalas-malasan bisa menjadi kekuatan dunia. Contoh saja jepang yang  sangat terkenal dengan etos kerjanya yang sangat “WOW”, bahkan orang Jepang merasa malu jika harus pulang kerja terlalu cepat. Salah satu contoh lagi adalah Korea yang  terkenal dengan budaya kerja mereka yang cepat.

Nah, kadangkala rasa malas pasti mengghingapi anda walaupun anda sedang menyadarinya. Bagaimana cara menghilangkannya? Kali ini kita akan membahas hal tersebut, jadi  simak baik-baik tips berikut ini:

Lakukan Yang Anda Senangi

Rasa bosan atau malas bisa datang karena anda tak menyukai kegiatan anda sendiri. Sebelum anda memutuskan bekerja pada suatu tempat, pikirkan bahwa anda menyukai  pekerjaan tersebut. Jikapun anda sudah berkerja, buatlah diri anda menyenangi pekerjaan tersebut. Bagi pelajar, buatlah pembelajaran kamu menjadi menyenangkan seperti  bermain sambil belajar.

Buatlah Anda Nyaman
Salah satu yang membuat rasa malas adalah karena kurangnya kenyamanan dan membuat anda cepat bosan. Caranya, jika anda malas untuk bekerja maka buatlah tempat kerja /  kantor anda seperti yang anda inginkan seprti menghiasnya. Jika anda malas belajar, buatlah
ruang belajar / kelas anda senyaman mungkin sesuai dengan selera anda.

Jangan Tunda Aktivitas
Jika anda sering menunda-nunda pekerjaan anda, ini akan membuat anda semakin bosan karena terlalu banyak yang harus anda kerjakan. Yang paling sering dan biasa anda  lakukan adalah menunda-nunda untuk bangun tidur padahal anda sudah terjaga. Hal lain yang sering dialami oleh pelajar adalah menunda-nunda membuat PR. Coba biasakan  diri anda untuk tak melakukan hal tersebut dengan memberi sugesti positif bahwa jika anda lebih cepat melakukannya maka anda akan lebih cepat mendapatkannya.

Ganti Posisi Duduk
Ketika rasa malas sedang kumat, cobalah mengganti / mengubah posisi duduk anda. Ini dapat membuat anda merasa baru karena didepan anda sudah berbeda dari sebelumnya.

Hirup  Udara Segar
Cobalah menghirup udara segar, caranya berdirilah terlebih dahulu lalu lakukan kegiatan senam kecil seperti menggerakkan tangan. Kemudian, tarik nafas anda selama 5  detik, tahan 5 detik dan lepaskan selama 5 detik. Ulangi hal tersebut beberapa kali.

Yakinkan Diri Anda
Ini sangat anda butuhkan dari dalam diri anda, buatlah sugesti-sugesti positif dalam pikiran anda. Seperti, “Pekerjaan ini pasti akan membuat saya sukses,, saya harus  melakukannya” atau “Saya harus belajar, dan saya yakin akan menjadi orang sukses nantinya”.

Diskusikanlah
Jika anda masih belum bisa lepas dari rasa malas anda, cobalah berdiskusi dengan orang yang anda anggap lebih professional atau orang yang lebih sukses dari anda. Tanyakan bagaimana mereka dulunya, mereka pasti akan menjawab dari usaha dan kerja keras mereka selama ini. Dan  dan anda harus yakin bahwa anda dapat mencapai  kesuksesan seperti mereka dengan cara menghilangkan sifat malas anda tersebut.

Begitulah beberapa cara ampuh untuk menghilangkan atau mengatasi rasa malas anda. Setelah anda membacanya yang paling penting adalah melakukannya, jangan sampai lupa  ya...

Sementara semua tips di atas bisa membantu anda, maka akan lebih mudah untuk mengatasi kemalasan jika anda melakukan sesuatu yang penting menurut anda. Anda akan memiliki kobaran api dalam diri yang membuat anda ingin bertindak. Jadi temukan sesuatu yang penting tersebut dan selaraskan diri sebanyak mungkin dengan hal itu
.
       Semua itu adalah tips yang saya pelajari. Apakah Anda memiliki tips lain untuk mengatasi kemalasan? Jangan ragu untuk berbagi di komentar.
    
.. 

1 komentar: